Senin, 22 Desember 2008

Tips Menghemat Bahan Bakar

Terhitung mulai 1 minggu yang lalu, para pengguna Premium kembali bersenang hati, karena harga premium turun lagi. Yippiii...
Tapi...walaupun harga premium sudah turun, bukan berarti kita berboros-boros ria kan..???
Nih...ada beberapa tips...supaya qt bisa menghemat bahan bakar.

1. Hindari mengendarain dengan agresif

Kebiasaan ‘gas pol’ kemudian mengerem habis-habisan bisa menjadikan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda lebih boros sekitar 40 persen. Cara yang benar adalah menekan pedal gas dengan perlahan. Biarkan RPM atau putaran mesin merambat naik dengan halus.

2. Jangan memanaskan mesin terlalu lama

Mesin mobil zaman sekarang sudah dirakit dengan begitu presisi. Menyalakan mesin selama 30 detik sebelum berangkat ke kantor sebenarnya sudah cukup. Membiarkan mesin dalam posisi stasioner dalam waktu yang lama selain menghabiskan bahan bakar secara sia-sia, juga memperparah polusi udara.

3. Cek tekanan angin

Tekanan angin yang tepat akan mengurangi beban kerja mesin. Cek tekanan angin seminggu sekali. Ingat, ban bisa terlihat normal walau sebenarnya kekurangan tekanan. Baiknya Anda punya alat untuk mengecek tekanan angin. Harganya murah kok.

4. Pilih tingkat kecepatan yang tepat

Mendaki tanjakan dengan gigi tinggi atau membiarkan mesin meraung dengan gigi rendah saat jalan lengang adalah sama buruknya.

5. Parkir di tempat teduh

Membiarkan kendaraan terpanggang sinar matahari juga menyebabkan bahan bakar menguap lebih dari biasanya.

Nah...ada yang mau menambahkan lagi..? Semoga tips tersebut bermanfaat.

info dari vivanews.com




Tidak ada komentar: